Bisnis

Unggul Dalam Berbisnis

Tentunya setiap perusahaan ingin terus perusahaannya maju dan terus bertahan di kancah bisnis dalam jangka waktu yang lama. Tapi dunia bisnis tidaklah semudah yang dibayangkan. Meski tidak pula seseram yang dipikirkan. Tentu saja ada upaya-upaya yang harus dilakukan agar sebuah bisnis akan terus bertahan, tidak cuma untuk generasi awal para pendirinya, tapi terus berdiri hingga beberapa generasi. Tentu saja tidak mudah, tapi bukans sesuatu yang mustahil dilakukan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhitungkan, agar perusahaan yang telah berdiri akan tetap bertahan hingga beberapa waktu yang akan datang.

Memahami Trend

Dengan memahami trend yang sedang berkembang, maka diharapkan pelaku bisnis dapat dengan mudah memahami keinginan para konsumen. Generasi berubah, pengalaman bertambah, aturan-aturan berganti, dan bahkan pesaing pun bertambah. Di awal perusahaan berdiri, mungkin baru ada satu pesaing. Seiring berjalannya waktu, bisa jadi sudah bertambah hingga sepuluh. Dari faktor ini saja, bisa jadi akan terjadi perubahan trend, karena terjadi perbedaan produk atau jasa yang dihasilkan oleh pesaing. Oleh sebab itu, para pelaku bisnis harus terus mengamati trend yang sedang terjadi di masyarakat, agar bisa memberikan produk atau jasa terbaiknya.

Terus Berinovasi

Kita bisa melihat revolusi handphone. Dulu handphone sangat simpel, hanya untuk menelepon. Lalu muncul teknologi pesan, muncullah media SMS. Lalu muncul games. Muncul grup WhatsApp. Kemudian muncul teknologi layar sentuh. Begitulah perkembangan yang terjadi. Tidak ada yang berhenti dengan produk yang sama. Barangkali nasi goreng tetap sama, tapi mungkin saja rasa yang dihasilkan bisa berbeda-beda, dengan campuran bermacam-macam lauk pauknya. Mungkin suasananya berbeda. Begitu pula warung kopi. Kini, warung kopi bukan sekedar tempat minum kopi, tapi tempat meeting atau tempat orang melakukan reuni. Oleh sebab itu, berinovasi, berbeda dari pesaing, akan memunculkan pemenang di dunia bisnis.

Memberikan Layanan Terbaik

Layanan terbaik yang diberikan perusahaan, akan membuat kesan yang manis bagi pelanggan. Pelanggan tidak saja merasa nyaman dan merasa ingin kembali, tetapi juga bisa bercerita kepada orang lain tentang bagusnya sebuah layanan. Apalagi, kini jamannya media sosial, cerita baik atau buruk, dapat dengan mudah tersebar di kalangan konsumen atas suatu produk atau jasa. Oleh sebab itu, untuk bertahan di dunia bisnis, maka memberikan layanan terbaik, yang nomor satu, yang excellent, selalu menjadi perhatian utama pelaku bisnis.

Mendengarkan Keluhan Pelanggan

Jangan lupa, dengarkan keluhan pelanggan. Berikan perhatian kepada pelanggan. Jadilah bijak dengan adanya keluhan-keluhan tersebut. Keluhan tersebut, bisa jadi akan memberikan ide terbaik bagaimana memberikan layanan terbaik untuk pelanggan.

Memiliki Tim Yang Bagus

Harus disadari, dalam menjalankan bisnis, kita tidak bisa sendirian. Diperlukan kerja sama tim, agar segala proses yang berlangsung di dalam bisnis bisa berjalan lancar. Oleh sebab itu, membina kerja sama dengan seluruh anggota tim di dalam bisnis akan sangat penting. Anggota tim perlu diberikan motivasi atau pun pelatihan-pelatihan agar skill-nya bertambah atau merasa dihargai di dalam tim. Tim juga perlu diingatkan  tentang visi dan misi perusahaan, agar selalu sejalan dan mendukung. Tim perlu diberikan kesempatan berkembang secara terus menerus, karena para pesaing barangkali tidak pernah tidur, untuk setiap saat mengancam bisnis kita.

Demikianlah beberapa tip singkat agar bisnis yang dijalan bisa berjalan dengan sukses untuk dalam jangka waktu yang lama.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *