Umum

Membangun Brand

Setiap perusahaan menginginkan agar brand dari produk atau jasa mereka bisa laris dan selalu diminati masyarakat. Untuk mendapatkan hal-hal tersebut, tentu dibutuhkan sebuah cara membangun sebuah brand loyalty. Ada strategi membangun brand di tengah-tengah masyarkat.

Tapi, kita perlu tahu dulu. Apakah sebetulnya brand itu? Brand bukan sekedar logo atau nama perusahaan, melainkan image atau persepsi seseorang tentang produk atau perusahaan Anda. Brand bisa dikatakan kombinasi dari asosiasi yang orang bayangkan ketika mendengar sebuah nama perusahaan atau produk.

Brand yang kita miliki, haruslah dipromosikan, disebarkan, diinformasikan, diberitahukan, ditunjukkan, sehingga masyarakat atau audiens dari brand kita bisa mengetahuinya. Minimal, langkah awal dari sebuah promosi brand adalah orang TAHU dulu tentang sebuah brand. Baru kemudian ada keinginan untuk menjadi DEKAT dengan brand tersebut.

Salah satu cara memperluas atau memperkenalkan brand adalah via media sosial. Ini adalah cara yang paling sering dipergunakan saat ini. Selain cara promosi di media cetak maupun media elektronik, seperti televisi atau radio. Kini media promosi sudah semakin luas cakupannya, bisa akun-akun media sosial atau via website. Bisa juga dilakukan dengan promosi di media video sharing, seperti youtube.

Kemudian, apa yang harus dilakukan untuk memanfaatkan media tersebut? Medsos, media cetak, media elektronik, semuanya adalah SARANA atau TEMPAT untuk menyebarkan brand kita. Tapi yang lebih penting lagi adalah isinya. Yakni brand itu sendiri. Nah, inilah yang perlu strategi untuk menuangkannya.

Salah satu yang pasti adalah, perlu dilakukan secara terus-menerus tanpa henti, untuk mempromosikan brand kita. Perlu diingat, bahwa medsos akan selalu hidup selama 24 jam. Ketika kita melakukannya tanpa henti, selanjutkan kita perlu melihat reaksi dari audiens atau calon-calon pengguna brand kita: apakah mereka tertarik? Apakah mereka membicarakn kita? Nah, dari sinilah kita bisa berusaha untuk menyapa para audiens, berusaha berdialog.

Kita harus berkreasi untuk membuat content yang menarik, entah itu teks pendek, dokumen (seperti company profile), atau pun short video untuk disebar via media sosial.

Kalau kita perhatikan, brand-brand ternama tidak pernah berhenti berpromosi. Mereka selalu hadir di banyak kesempatan. Nah, bagaimana dengan brand-brand yang baru? Jangan pernah takut atau ragu. Karena dulunya brand-brand besar itu adalah brand-brand yang tidak punya nama juga. Tapi dengan usaha yang keras dan TERUS-MENERUS, akan membuahkan hasil di kemudian hari.

Jadi, kesimpulannya adalah lakukan upaya terus-menerus. Evaluasi terus-menerus. Kemudian, lakukan kreasi terus menerus untuk memeriksa isi atau content dari sebuah promosi brand kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *