Umum

Generasi Millenial

Menurut para peneliti sosial, generasi Y atau Millennials, adalah generasi yang lahir pada rentang tahun 1980an hingga 2000. Dengan kata lain, generasi millennial ini adalah anak-anak muda yang saat ini berusia antara 17-37 tahun (artikel ini ditulis tahun 2017).

Generasi ini memiliki beberapa ciri, antara lain, lahir di zaman TV sudah berwarna dan memakai remote.  Sudah terbiasa menggunakan handphone, bahkan terbiasa menggunakan handphone sekelas SMARTPHONE. Bahkan, beberapa diantaranya, tiap tahun HARUS ganti smartphone, supaya terlihat KEKINIAN. Koneksi internet merupakan kebiasaan sehari-hari. Aktifitas ke media sosial merupakan makanan pagi, siang, dan malam. Generasi inilah yang paling riuh di dunia medsos, dengan cerita, foto, maupun video yang diunggah.

Di jaman sebelumnya, lumrah jika melihat kemana-mana orang menenteng yang namannya WALKMAN untuk mendengarkan musik di jalan. Di masa kini, sudah tidak ada lagi. Orang-orang menggunakan smartphone.

Ada ciri lain dari generasi millenial ini, yakni lebih tertarik mengakses informasi yang bersifat citizen journalism atau user genereted content, ketimbang media umum. Ini juga merupakan ciri kesukaan terhadap media sosial. Yakni berita-berita yang diunggah oleh seorang penulis berdasarka pengalaman pribadi atau opini pribadi terhadap suatu peristiwa. Dalam dunia bisnis, sering kali mereka dalam membeli sesuatu setelah membaca testimoni dari seseroang di media sosial atau media yang berciri citizen journalism ini.

Ada ciri menarik lainnya, yakni mereka terbiasa tidur dengan handphone di sebelah kepalanya! Ya, mereka hidup terbiasa dengan dunia maya yang terkoneksi via internet. Mereka tidak terlalu banyak menonton televisi dibandingkan generasi sebelumnya yang disebut generasi X, atau generasi orang tua mereka. Bagi yang gemar membaca, mereka tidak selalu membaca buku dalam cetakan kertas, tetapi membaca buku dalam bentuk yang bisa diakses via smartphone mereka. Sehingga, sumber bacaan itu akan mudah dibawa ke mana-mana dalam genggaman mereka.

Generasi ini, adalah generasi yang akan menjadi pemimpin di era tahun mulai, katakanlah 2020  ke atas. Di mana sebagian mereka sudah ada yang masuk di usia awal 40. Meskipun, di antara mereka pun sudah ada yang memimpin perusahaan di usia-usia 30-an dengan startup digitalnya. Merekalah yang akan menjadi pemain utama di dunia kerja, di mana generasi sebelumnya sudah mulai memudar dan memasuki usia pensiun.

Ketika mulai berbisnis, generasi millenial ini sangat peduli dengan kehadiran mereka di internet. Dan Internet ini adalah salah satu sarana dalam promosi mereka. Karena, dengan internet ini, maka produk atau jasa mereka dengan mudah menjangkau pelosok negeri bahkan pelosok dunia.

Oleh sebab itu, wahai generasi X, silakan cermati kembali tindak-tanduk para generasi Y atau millenial ini. Sebagaian dari mereka, sebentar lagi akan jadi pemimpin, baik di dunia politik atau di dunia bisnis. Dan sebagian generasi X, perlahan-lahan akan mundur. Para pebisnis dari golongan generasi X, harus bersiap-siap menghadapi tantangan dari pelaku bisnis yang dibangun oleh para generasi Y ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *